THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 24 Oktober 2008

AtoZ

hmm, ga tau harus mulai dr mana untuk postingan kali ni..

kalo dibilang dari pagi, bisa dibilang pagi gw hari ga gitu berkesan, biasa aja mandi pagi pakai baju, tapi abis pake baju...

"yan yan liat dah ada ceceknya nih di dalem kopi"
"hah?"
kakak gw manggil dan menyodorkan gw segelas cappucino coklat muda yang didalamnya ada kepala cicak nongol sambil melet-melet,zonk... abis itu gelasnya dibawa ke dapur ke mbak gw yang gw kira bakal ngebuang cicaknya ke wastafel ato tong sampah, ternyata malah dilempar ke akuarium arwana gw. ga tau kenapa ya saat itu gw berasa gw ada di kamp nazi dan lagi ada pembantaian umat tak berdosa. ga sampe 5 detik yang tersisa tinggal kepalanya. sadis sungguh sadis..

tapi yaudalah cicak masih jutaan di dunia.
hmm, akhir-akhir ini gw lagi gencar-gencarnya membaca novel, layaknya novel "24 wajah billy" dan "pertarungan jiwa billy", keknya nopel yang atu ini juga mewajibkan otak gw berimajinasi liar lagi. DIGITAL FORTRESS yang ditulis oleh Dan Brown si pengarang da vinci code. jarang-jarang gw bisa baca nopel, apa lagi yang namanya harry potter, mending nunggu filmnya deh buu..
OK,jadi novel yang satu ini bercerita tentang sebuah instansi rahasia di AS yang merupakan instansi intel SUPER rahasia yang katanya sih cuma 3% warga AS yang tau keberadaannya. NSA, National Security Agency. awalnya gw sempet bosen tapi berhubung ada masalah dengan pikiran gw yang udah mule ga beres, tak ada salahnya lah mencoba-coba gw lanjutin. NSA ini katanya adalah jagonya ngebongkar kode-kode rahasia, atau yang lebih gaulnya disebut KRIPTOGRAFI. mereka bisa melacak semua telepon diseluruh dunia dan ketika era mengirim pesan beralih ke email pun mereka mampu mendobraknya. sehingga banyak orang yang ingin menciptakan suatu program penyusun kode sandi untuk email mereka atas dasar privasi(kalau-kalau ngirim bokep biar ga ketauan). sebenarnya tujuan NSA hanya 1, mereka ingin melacak pergerakan badan teroris dan pengedar barang terarang melalui jaringan-jaringan tersebut. bosenin... ya emang gitu sih cerita dasarnya, tapi ada 1 hal yang buat gw kagum dan sekali lagi gw berani buang waktu seperempat hari untuk novel ini*plok plok plok..* yakni penggambaran crita novel oleh MISTER DAN yang sungguh mendetil, sehingga pikiran gw yang lagi ga jelas arahnya bisa gw fokusin ke imajinasi dalam novel itu. gw bisa merasakan gw ada di sebelah si tokoh-tokoh itu, merasakan ruang kerja NSA yang sangat ramai, yang katanya berisi 12 ribu orang stiap harinya. ok ok back to story, nah di buku ini*sjauh yang gw baca dan menurut gw* ada 4 org tokoh utama, yakni Susan Fletcher satu-satunya personil cewe di NSA dan programmer terhandal dalam bidang CRYPTO, komandan Strathmore orang yang pangkatnya langsung dibawah orang tertinggi di NSA. David Becker, tunangan Susan yang ahli bahasa dan dosen. dan Ensei Tankado, jenius komputer yang sekaligus korban kelahiran yang terkena dampak radiasi nuklir di hiroshima.

cerita berawal ketika susan dipanggil si komandan karena ada masalah di NSA. komputer di NSA yang dinamakan TRANSLTR yang dibangun selama 5 tahun dengan 3 juta prosesor dan setinggi lbih dari 12 kaki, komputer yang satu ini bisa memecah kode sandi 64 bit (lebih dari 100 digit) dalam hitungan paling lama 12 menit! kalau cuma email ecek-ecek yang biasa disebarin ma temen-temen gw mah ditinggal bersin juga kebuka kodenya... nah,komputer ini mengalami masalah. ketika susan dateng ke kantor strathmore, yg ditemukan adalah tulisan brikut

Waktu Terpakai:15:09:67
Kode Yang didapat:_____


komputer super hebat itu udah bekerja selama 15 jam lbih tapi belum 1 kodepun ditemukan. susan yang kerjanya menciptakan program pemecah kode untuk TRANSLTR kaget dan tidak bisa menerima hal tersebut, ternyata setelah diungkit-ungkit,kode itu berasal dari Ensei Tankado, lelaki paruh baya yang jari-jari tangannya hanya 3 tiap tangan, dan masing-masing mempunya bentuk spiral(terpelintir). ensei yang tidak suka NSA karena merusak hak privasi orang lain mengirim kode ini, kode yang tak bisa dipecahkan, padahal diperkirakan komputer NSA tersebut sudah melacak lbih dari 150 milyar kode. kode ini disebut dengan DIGITAL FORTRESS atau benteng digital, mengapa kodenya ga bisa ditemukan? satu keahlian kode yang satu ini. kodenya berotasi, sehingga ketika komputer NSA berhasil mendobrak kodenya dengan metode brute force attack, kode tersebut akan dengan sendirinya berubah menjadi kode lain, hal ini membuat komputer tak akan sadar ketika ia sudah menemukan kodenya.
ensei tankado berusaha menjual kode ini, dia mengancam NSA apabila tidak menghentikan instansinya yang merusak privasi orang maka ia akan menyebarkan cara memakai program benteng digital tersebut kepada seluruh dunia.
namun apa yang terjadi? ensei tankado justru meninggal, kematiannya dikatakan sebagai serangan jantung akibat kepanasan saat berada di sevilla, spanyol.

sejauh ini baru itu yang gw dapet, meskipun dibilang udah seperempat hari tapi gw juga baru dapet 130 halaman, maklum bukan tipe pembaca cepat, gw lebih suka berimajinasi dibandingkan memahami cerita dengan cepat.

selain nopel itu gw jg ingin menyampaikan ini ni, emang si copass tapi coba perhatikan maknanya ya:
Daniel Powter berkata demikian:

If I can go back to the place
There would be time I must understood
even though it's complicated
I can seem to overstate it I think finally
The moment should go
would you kiss me good bye

Wherever you go
I hope you believe
that you are good enough for me
yeah you are good enough for me

I guess I wasn't very strong
I should've told you I was wrong
and i wish i had a second chance
coz I really need to understand

Why you have to fly away
my beauty queen from yesterday
and how's it felt to fall from grace
I never had the chance to say
that you are good enough good enough
for me

Jason Mraz berkata demikian:
"bella luna"
I'm just a singer, you're the world
All I can bring ya
Is the language of a lover

"if it kills me"
Well all I really wanna do is love you
A kind much closer than friends use
But I still can’t say it after all we’ve been through
And all I really want from you is to feel me
As the feeling inside keeps building
And I will find a way to you if it kills me
If it kills me

entah kenapa ketiga lagu itu kok rasanya dalem ya buat gw entah tapi buat lo lo smua hehe. gw rasa itu dulu aja buat kali ini. lagi speechless ga ada ide.


0 komentar: